TEWENEWS, Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj. Nety Herawati, memberikan apresiasi atas komitmen dan langkah strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Barito Utara dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.
Apresiasi tersebut disampaikan menanggapi pemaparan Plt Kepala Disdukcapil Barito Utara, Hj. Nurhamidah, SP., yang menegaskan bahwa seluruh program dan layanan Disdukcapil berlandaskan pada regulasi yang jelas, serta didukung oleh visi dan misi yang kuat untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima.
“Kami di DPRD sangat mengapresiasi program-program unggulan yang dijalankan Disdukcapil. Khususnya program jemput bola dan pemanfaatan teknologi informasi yang sangat membantu masyarakat, terutama di daerah pelosok,” ujar Ketua Komisi I DPRD Barito Utara ini.
Menurutnya, pelayanan administrasi kependudukan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting dalam menunjang hak-hak sipil warga negara, seperti pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan kepastian hukum. Oleh karena itu, program inovatif yang dilakukan Disdukcapil harus terus didukung.
“Langkah-langkah strategis seperti pemutakhiran data, layanan SIAK, dan perlindungan data pribadi adalah bentuk nyata dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Ini selaras dengan arah kebijakan pembangunan daerah,” tambah Hj. Nety.
Ia juga menyambut baik motto pelayanan Disdukcapil “BAHALAP” (Bekerja Tuntas, Akuntabel, Hasil Akhir Lebih Akurat dan Profesional), yang dinilainya sangat mencerminkan semangat pelayanan publik yang bertanggung jawab dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Komisi I DPRD Barito Utara, yang membidangi pemerintahan dan pelayanan publik, akan terus mendukung dan mengawal berbagai inovasi yang dilakukan Disdukcapil agar pelayanan administrasi kependudukan semakin merata, berkualitas, dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
“Kami berharap program-program unggulan ini dapat terus ditingkatkan dan menjangkau seluruh wilayah Barito Utara, demi terwujudnya pelayanan yang adil, akuntabel, dan profesional bagi seluruh masyarakat,” pungkas Hj. Nety Herawati.(AP)